Home » » Aplikasi Rapor Kurikulum 2013

Aplikasi Rapor Kurikulum 2013

Memasuki TP. 2014/2015 seluruh sekolah baik tinggat SD, SLTP maupun SLTA mulai menerapkan Kurikulum 2013. Hasil akhir dari proses PBM di setiap sekolah tentunya ditunjukkan dengan perolah Hasil Belajar Peserta Didik dalam bentuk Rapor yang disesuaikan dengan Implementasi Kurikulum 2013 itu sendiri. 

Berbeda dari Rapor periode sebelumnya, Laporan Capaian Kompetensi (LCK) Kurikulum 2013 lebih komplit dan rumit karena menggunakan Skala Penilaian dengan Nilai Konversi untuk setiap mata pelajaran (Mapel). Nilai Kuantitatif dinyatakan dengan Skala 1-4 (berlaku kelipatan 0,33) digunakan untuk Nilai Pengetahuan (KI-3) dan Nilai Keterampilan (KI-4), sedangkan Nilai Kualitatif yang digunakan untuk Nilai Sikap Spiritual (KI-1) dan Sosial (KI-2) serta kegiatan Ekstra Kurikuler adalah SB, B, C, dan K. Hal tersebut membuat sebagian Tenaga Pendidik (Guru) terutama Wali Kelas kesulitan dalam membuat Laporan Capaian Kompetensi (LCK).

Untuk itu, saya berkesempatan membuat Aplikasi LCK-SMA dengan tujuan untuk mempermudah salah satu tugas dari Tenaga Pendidik terutama Wali Kelas dalam rangka mengimplementasikan Penilaian Kurikulum 2013. 

Aplikasi ini dirancang menggunakan perangkat lunak yang sudah familiar (Microsoft Excel) dengan sedikit sentuhan Visual Basic Script sehingga mudah dioperasikan untuk pengolahan Nilai Rapor secara cepat, tepat dan praktis. 

Fitur-fitur LCK ini dibuat "User Friendly" dengan bantuan Tab Menu dan Tombol Navigasi yang berfungsi memandu/mengarahkan pengguna tanpa memerlukan pengolahan manual. Tugas dari Wali Kelas hanya meng-entri-kan Data Pokok dan Nilai saja. Hasil akhir beserta Rekapitulasi (Legger) dapat dicetak secara otomatis. LCK ini dapat digunakan oleh semua Sekolah SMA manapun karena merujuk kepada Juknis dan Model Pengembangan Penilaian Hasil Belajar dari Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. Lampiran Keputusan Dirjen Dikmen No: 717/D/Kep/2013.

LCK ini sudah sampai pada v2.0, update September 2014. Bagi sekolah Bapak/Ibuk yang ingin menggunakan Aplikasi LCK ini, dapat melihat dulu hasil cetakan yang sudah dipakai oleh beberapa sekolah, sebagai sampel adalah sekolah Ex, RSBI di Sumbar. 

Download disini: Aplikasi LCK SMA v2.0, Update Sesuai Peremen 104 Tahun 2014
Download disini: eBook Panduan Pengoperasi LCK SMA v2.0
Lihat/download disini: Video Tutorial LCK SMA v2.0 (under preparing) 

Update: untuk Rapor yang disesuaikan dengan Permen 104 Tahun 2014, klik disini

0 Komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2013. Free Download | Full Version - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger